Saturday 23 November 2013

Posted by Unknown On 19:15

Meskipun tripod tampaknya seperti sepotong sederhana dari peralatan, ada beberapa hal yang perlu diingat ketika Anda sedang menggunakan itu dan memastikan penggunaannya untuk mendapatkan gambar setajam mungkin.

Berikut beberapa tips yang disarankan :
1. Cari komposisi terlebih dahulu
Karena membutuhkan waktu yang cukup untuk melakukan setup tripod, maka hal yang baik untuk menemukan komposisi sesuai dengan yang Anda inginkan terlebih dahulu. Lakukanlah survey dan jelajahi objek foto Anda dari sudut yang berbeda. Ini akan membantu Anda untuk melihat melalui jendela bidik Anda seperti yang inginkan dan membantu Anda melihat seperti apa komposisi yang akan terlihat pada foto Anda nantinya.
2. Tandai salah satu kaki tripod terhadap objek foto Anda
Tentukan salah satu kaki tripod terhadap objek foto Anda, hal tersebut akan memberi Anda ruang untuk berdiri di antara dua kaki lainnya (membantu mencegah Anda dari tersandung karena tripod), dan dapat membantu menstabilkan kamera.
3. Ukur pusat vertikal tegak lurus ke tanah
Untuk memastikan berat kamera Anda merata untuk semua tiga kaki, pastikan pusat vertikal tripod tegak lurus ke tanah. Biasanya tripod memiliki adjusment untuk mengukur hal tersebut. Namun bila Anda memilik tripod yang sederhana saja, Anda dapat meletakkan tali yang digantung beban seperti bandul, hal tersebut sama seperti yang saya gunakan. (diakal-akalin dikit bro.. hehe).
4. Hindari memperpanjang center post
Secara signifikan, center post (tiang tengah penyangga kamera) kurang stabil dibandingkan tiga kaki menyebar, lakukan pemanjangan center post hanya sebagai upaya terakhir. Hal ini sering menyebabkan beberapa kesulitan dalam mendirikan tripod Anda dengan tinggi badan yang sempurna, tapi ingat juga bahwa hal tersebut dapat pula membantu Anda untuk menghasilkan gambar setajam mungkin.
5. Gunakan L-braket untuk lensa pendek
Sebuah “L” braket adalah jenis khusus dari plat yang menempel kamera ke kepala tripod, yang berbentuk seperti huruf  “L” dan memungkinkan Anda untuk memposisikan kamera dalam orientasi potret, sambil tetap menjaga kamera di pusat dari tiga kaki.

tripod-brackets
L-braket memiliki dua keuntungan besar, yaitu membuat pusat gravitasi terbaik di pusat dari tiga kaki, dan memberi Anda beberapa inci dari ketinggian saat Anda menembak dalam orientasi potret.
6. Gunakan kerah tripod untuk lensa panjang
Karena lensa panjang besar dan berat sering menggeser pusat gravitasi dari kamera Anda, maka sangat penting untuk menggunakan kerah tripod yang merata untuk menyeimbangkan berat badan antara kamera dan lensa. Tanpa itu, kamera Anda akan memiliki kecenderungan untuk perlahan-lahan bergeser ke bawah setelah Anda mengunci kepala ke tempatnya.
7. Gantung tas kamera atau benda berat lainnya dari center post untuk stabilitas ekstra
Jika Anda berada dalam kondisi lingkungan berangin yang keras, baiknya Anda menambah berat lebih pada tripod Anda dengan menggantung sesuatu (seperti tas kamera) dari center post. Namun tetap berhati-hati dengan metode ini, karena  jika tas kamera Anda gemetar oleh angin, hal tersebut sebaliknya dapat menjadikan kehilangan stabilitas.

Kemudian, pertanyaan mengapa penting untuk berhati-hati mengatur tripod Anda?
Meskipun menyiapkan tripod mungkin tampak seperti sebuah proses yang lambat dan membosankan, adalah sangat penting untuk melakukannya dengan hati-hati. Hal tersebut untuk memastikan Anda mendapatkan gambar setajam mungkin. Serta memastikan bahwa tripod Anda berada dalam posisi yang stabil akan membantu mencegah terguling dan merusak kamera dan lensa.
Semakin banyak waktu dan perawatan yang Anda ambil dalam mendirikan tripod Anda, semakin Anda akan dipaksa untuk berkonsentrasi pada komposisi Anda. Dengan memberikan waktu yang lebih lama untuk menyiapkan tripod itu, maka Anda akan lebih berhati-hati tentang komposisi apa yang Anda pilih untuk menghasilkan foto yang lebih baik.

Gimana, nih?? Mau mencoba?? Silahkan! :)

0 comments:

Post a Comment