Sunday 29 December 2013

Posted by Unknown On 20:26


Fotografi alam
Fotografi alam merujuk pada aktivitas fotografi yang dilakukan di lapangan dan berkaitan erat dengan elemen - elemen alama seperti kehidupan liartanaman dan pemandangan alam serta tekstur. Foto alam diterbitkan di majalah yang berkaitan dengan kebudayaan dan wisata seperti Majalah National Geographic, Majalah National Wildlife, dan Majalah Audubon atau majalah lain yang lebih spesifik. Beberapa fotografer yang terkenal misalnya Frans LantingGalen RowellEliot Porter dan Art Wolfe.

Fotografi kehidupan liar

Gajah India di Taman Nasional Mudumalai, India
Kegiatan fotografi ini ditujukan untuk menangkap foto aksi binatang, seperti makan, berkelahi, atau terbang. Meskipun seringkali diambil dalam alam liar, daerah pertanian juga sering menjadi lokasi untuk pemotretan fotografi alam liar.

Teknik yang digunakan sangat berbeda dengan fotografi lanskap seperti penggunaan aperture yang besar untuk mendapatkan kecepatan rana, pergerakan obyek dan latar belakang yang kabur. Sementara itu pada fotografi lanskap lebih menggunakan aperture kecil. Banyak fotografer yang menggunakan peralatan kamuflase untuk mendapatkan foto dari bidang ini. 

Tips Fotografi Mengabadikan Alam Liar Dari Professional

Kegiatan di alam bebas pasti sangat seru dan akan lebih mengasyikan apabila kita mengisinya pula dengan mengabadikan momen tersebut dengan sebuah kamera digital SLR. Dengan sebuah kamera digital dan sedikit tips teknik fotografi berikut, Keindahan alam yang kita lihat akan terekam abadi dengan indah.
Tips fotografi alam ini bukan datang dari sumber yang sembarangan, melainkan dari seorang yang telah meraih berbagai penghargaan didunia fotografi yaitu Tyler Stableford yang menyempatkan dirinya menggelar seminar klinik fotografi di ibukota Indonesia, Jakarta. Sedikit informasi Tyler adalah satu diantara 7 fotografer terbaik dunia menurut versi Men's Journal dan tinggal di daerah pegunungan Aspen Colorado, yang membuatnya terlatih dalam hal fotografi alam liar dan ekstrim.
Mari kita simak bersama beberapa tips untuk menghasilkan foto alam liar terbaik dari Tyler Stableford ini.
1.    Mengambil Gambar Berobjek Matahari
Bila Anda berpetualang ditengah gunung dengan landscape yang kurang marik jangan takut untuk memotret ke arah matahari dan menjadikan matahari sebagai penghias yang indah pada foto Anda, matahari adalah pemberi pencahaayan yang sangat baik sekaligus objek yang indah untuk Anda abadikan.
2.    Depth Of Field
Depth of Field bahasa mudahnya adalah memotret objek utama dari jarak dekat dengan latar belakang objek lainnya tidak fokus (Blur). Teknik ini akan menjadi sangat indah saat Anda menemukan momen alam liar yang tepat seperti bunga kecil yang indah atau binatang yang mendekat pada Anda dengan latar belakang blur air terjun atau pepohonan.
3.    Lampu Kilat Tidak pada Bodi kamera
Dengan memakai lampu kilat pada bodi kamera, pemandangan yang Anda abadikan akan terlihat flat atau datar, bila Anda terpaksa memakai flash, sebaiknya memakai flash yang terpisah dengan bodi dan menyalakan flash dari jarak yang berjauhan dari kamera, agar dimensi foto tidak datar dan terlihat sebagai cahaya alami.
4.   Objek Utama Tidak Selalu ditengah
Jangan selalu mengambil objek utama di tengah-tengah foto Anda, tempatkanlah disamping atau dibawah agar keindahan alam sekitar yang terlihat seakan juga sama pentingnya atau sama indahnya dengan objek utama Anda.
5.    Memakai Lensa Widelens
Alam liar terbentang sangat luas didepan Anda, tetapi bila lensa yang Anda gunakan bukan yang berprofil wide, hasilnya akan seperti foto biasa. Kemegahan alam liar ini dapat Anda abadikan dengan lensa yang berprofil lebar, yaitu lensa wide atau Lensa telefoto dengan minimum 200mm.

0 comments:

Post a Comment